Cara Menambah Produk di Toko Online WooCommerce

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Cara Menambah Produk di Toko Online WooCommerce
Cara Menambah Produk di Toko Online WooCommerce

Setelah anda install dan mengaktifkan plugin WooCommerce serta melakukan penyesuaian tampilan, hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menambah produk  di WooCommerce yang akan anda jual di toko online anda. Pada tutorial kali ini dijelaskan cara membuat produk di WooCommerce. Dengan menggunakan WooCommerce anda dapat membuat produk dengan mudah serta mengelompokkan produk berdasarkan kategori, tag serta atribut produk. Berikut artikel Cara Menambah Produk di WooCommerce.

 

1. Masuk ke Dasbor Admin Website

Untuk menambah produk yang akan anda jual, pertama masuk ke admin dasbor website WordPress anda melalui www.nama-situs.com/wp-admin lalu masukkan username dan password akun anda. Lalu klik Log Masuk.

 

2. Masuk ke Panel  Products WooCommerce

Setelah anda berhasil masuk ke admin dasbor maka klik panel Products untuk mengakses serta mengatur produk-produk anda. untuk pertama kali akan ada tampilan seperti gambar dibawah

Cara Menambah Produk di Toko Online WooCommerce

Melalui Panel ini anda akan menemukan 5 sub-menu seperti yang terlihat pada gambar diatas.
Semua Produk: untuk mengatur semua produk anda,
Tambah Baru: untuk membuat produk baru,
Kategori: untuk mengatur dan menambah kategori produk,
Tag: untuk mengatur dan menambah tag produk.
Atribut: untuk menambah atribut produk.

3. Membuat Kategori Produk Baru

Sebelum anda memulai membuat produk ada baiknya anda membuat kategori produk terlebih dahulu sehingga langkah-langkah yang anda lakukan lebih urut dan rinci. Untuk membuat kategori klik sub-menu Categories di panel Products. 

Kemudian pada bagian “Add new category” masukkan detail kategori yang akan anda buat

  • Nama – adalah identitas yang ditampilkan di front end website anda.
  • Slug – adalah permalink dari arsip kategori produk anda.
  • Parent Category – adalah kategori induk dari kategori yang akan anda buat, kategori baru ini akan menjadi sub-kategori dari kategori induk. Jika kategori induk kosong maka kategori yang dibuat menjadi kategori induk.
  • Deskripsi – adalah deskripsi singkat yang menggambarkan kategori yang anda buat, deskripsi kategori juga dapat meningkatkan SEO dari arsip kategori yang akan anda buat.
  • Display Tipe – adalah tipe tampilan kategori anda, adapun pilihannya Default (tampilan normal), Products (ketika pengunjung membuka arsip kategori, yang ditampilkan adalah daftar produk di kategori tersebut), Subcategories (ketika pengunjung membuka arsip kategori, yang ditampilkan adalah sub-kategori dari kategori itu) dan Both (yang ditampilkan adalah daftar produk dan sub-kategorinya).
  • Thumbnail – adalah foto yang ditampilkan pada kategori baik dalam list ataupun ketika dibuka.

Setelah anda melengkapi form tersebut, klik Tambahan kategori baru seperti gambar diatas untuk menyimpan kategori produk baru anda. Jika berhasil maka akan muncul kategori atau sub-kategori baru anda pada meta box daftar kategori sebagai berikut.

4. Membuat Tag Produk Baru

Anda dapat mengelompokkan produk anda berdasarkan tag. Berbeda dengan kategori yang mengelompokkan produk yang berdasarkan jenis. Dengan menggunakan tag anda dapat memberikan kelompok tertentu untuk beberapa produk dengan kategori tertentu. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengunjung website anda. Suatu contoh anda dapat memberikan tag baju perempuan atau baju laki-laki untuk mengelompokkan produk berdasarkan gender.

Untuk membuat tag produk, klik Tag pada panel Produk WooCommerce. Untuk menambah tag anda dapat mengisi kolom yang tersedia pada bagian Tambah tag baru. Tambahkan nama, slug dan deskripsi tag produk anda.

Setelah anda melengkapi kolom diatas klik Tambah tag baru untuk menyimpan tag baru anda.

5. Membuat Attribute Produk Baru

Sebelum anda ke langkah berikutnya, sebaiknya anda membuat atribut produk yang akan anda buat. Atribut produk memungkinkan anda untuk menambah informasi tambahan mengenai produk anda seperti ukuran, warna, kode dan lain-lain. Untuk membuat atribut klik sub-menu Atribut pada panel Produk WooCommerce. Untuk membuat atribut baru isikan kolom yang tersedia pada bagian Tambah atribut baru. Lengkapi kolom berikut, kemudian klik tombol “Tambah fitur”

Untuk menambah isi atribut yang telah dibuat silakan klik “Konfigurasi term”

pada kolom konfigurasi sillakan isi atribut sesuai atribut yang dibuat, seperti gambar dibawah, untuk isi atribur lainya pengisianya sama ( misal ukuran M, L, XL, dll)

Setelah anda menambah isi atribut maka isi atribut akan muncul pada meta box daftar isi atribut yang anda buat, berikut ilustrasi

Sampai di sini anda telah berhasil membuat kategori produk, tag produk dan atribut produk.

6. Menambah Produk Baru

Untuk membuat produk baru anda, klik Tambah Baru pada panel Products WooCommerce. Maka anda akan ditautkan menuju halaman untuk membuat produk baru seperti gambar berikut.

Berikut step-step yang dilakukan untuk membuat produk baru di WooCommerce

    1. Menambah Judul Produk

      Tulis judul produk anda pada kolom judul (1). Judul akan ditampilkan pada katalog produk toko online anda.

    2. Menambah Deskripsi Detail Produk

      Buatlah Deskripsi Produk Secara detail pada kolom (2). Deskripsi yang lengkap dapat membuat pelanggan anda lebih percaya diri untuk melakukan transaksi di toko online anda.

    3. Menambah Informasi Produk

      Pada kolom informasi produk (3) merupakan informasi penting terkait produk yang anda jual. Sebaiknya anda melengkapi kolom ini jika tersedia cukup informasi mengenai produk anda. Pada langkah ini akan dijelaskan cara membuat simple produk (produk yang bersifat benda seperti baju, property, alat olahraga, barang elektronik serta peralatan rumah tangga).

      Tab Umum/GeneralPada tab Umum/General anda dapat mengisi dengan informasi umum produk anda

      • Harga normal merupakan harga jual norma produk anda.
      • Harga Obral (opsional) merupakan harga jual ketika anda menurunkan harga jual dari biasanyaTab Umum/General
        • SKU – adalah kependekan dari Stock Keeping Unit yang merupakan identitas unik dari suatu produk. Anda hanya dapat membuat nama SKU untuk satu produk, artinya produk yang lain harus anda beri nama dengan SKU yang berbeda.
        • Kelolla stok? – Centang jika anda ingin memasukkan jumlah ketersediaan produk anda. Stok akan berkurang secara otomatis ketika ada order baru dari pelanggan.
        • Jumlah stok – Jumlah Stock Produk yang tersedia.
        • Ijinkan backorder – Pilih opsi Ijinkan atau ijinkan, tapi beritahu pelanggan (dengan pemberitahuan) jika produk yang anda jual dapat dipesan sebelum stock ada/mencukupi.
        • Ambang batas stok tinggal sedikit
        • Jual terpisah – Centang untuk mengatur produk hanya bisa di order dalam satu order. Artinya order produk bersifat khusus, tidak dapat dicampur dengan produk lain.
      • Tab Shipping
        Shipping Product Information

Shipping Product Information

Tab Shipping memberikan informasi ukuran dan berat barang yang digunakan sebagai variabel untuk menghitung ongkos kirim produk tersebut baik dari shipping class maupun API pengiriman lainnya. Masukkan Weight (berat produk), Dimensions (panjang, lebar dan tinggi produk) dan Shipping Class (jika anda membuat harga ongkos kirim secara manual).

Tab Linked Products 

Linked Product

Tab Linked Product mengaitkan produk anda dengan produk lainnya. Terdapat dua kolom yaitu Upsells berfungsi untuk memberikan rekomendasi produk lain terkait misalkan produk yang lebih bagus, lebih mahal atau murah. Cross-sells berfungsi untuk memberikan rekomendasi produk terkait yang berfungsi melengkapi produk tersebut, misalkan pelanggan yang membeli jaket bisa direkomendasikan dengan sarung tangan.

 

Baca Juga:

Cara Menambah Artikel Baru di Blog WordPress

 

Tab Attributes 

Attribute Product

Tab Attributes berfungsi untuk menambah informasi atribut yang tersedia di produk yang akan anda tambahkan. Cara menambahkan atribut dapat anda lihat pada gambar diatas. Pilih jenis atribut pada kolom(1) misalkan size, lalu klik tambahkan sehingga muncul opsi pada kolom value(s)(2). Pilih ketersediaan atribut lalu anda dapat mencentang kolom (3) jika ingin menampilkan di front end toko online ketersediaan size. Terakhir klik simpan atribut untuk menyimpan.

Tab Advanced 

Advanced Information

Anda dapat menambah informasi lain seperti Purchase note (catatan yang tampil di halaman order pelanggan ketika membeli produk), Menu Order (Urutan Produk dalam list di detail order pelanggan) dan Enabled Reviews (centang jika anda membukakan kolom komentar untuk produk ini).

Meta box Product Short Description 

Product Short Description

Meta box ini digunakan sebagai alternatif untuk menampilkan deskripsi produk secara singkat pada daftar produk atau plugin quick view yang anda gunakan. Jika anda kosongkan, maka deskripsi detail akan ditampilkan

  1. Deskrispi Sinkat Produk untuk menambahkan deskripsi singkat produk
  2. Menambah Kategori di Produk

    Untuk Menambah kategori Produk anda dapat mencentang kategori yang sudah ada atau membuatkan kategori baru dengan klik + Add new category. 

  3. Menambah Tag di Produk

    Untuk menambahkan tag anda bisa mengetik langsung tag yang sudah ada lalu klik Tambah. Anda dapat menambahkan beberapa tag dengan menggunakan tanda koma (,).

  4. Menambah Gambar Utama Produk

    Untuk menambah gambar utama, tambahkan gambar melalui meta box Gambar Produk, klik Atur Gambar Produk

  5. Menambah Galeri Produk

    Untuk menambahkan galeri foto anda dapat menggunakan meta box Galleri Produk. Klik Tambah gambar galeri prodduk. Lalu pilih foto-foto produk yang akan anda buat. Tekan Ctrl sembari memilih foto-foto melalui pustaka media untuk menambah gallery lebih cepat.

  6. Terbitkan

    Simpan produk yang anda buat dengan menggunakan meta box disamping. Anda dapat menyimpannya sebagai konsep (Simpan Konsep) atau menerbitkannya langsung (Terbitkan). Untuk melihat preview klik pratinjau.

Bagikan Artikel:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *